Mengenal Berbagai Basic Excel Formulas - Dunia Kuliah

Rabu, 14 Juni 2023

Mengenal Berbagai Basic Excel Formulas

Basic Excel Formulas
datacamp.com

Microsoft Office Excel atau Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi lembar kerja keluaran Microsoft Corporation yang berfungsi pada bagian pengolahan dan penghitungan data yang berfokus pada angka. Saat ini, pengguna Excel sudah ada dari berbagai kalangan. Mulai dari siswa dan mahasiswa, hingga tenaga pengajarnya yaitu guru dan dosen. Namun, tentu bukan dari mereka yang ada pada bidang pendidikan saja yang menggunakan Excel. Karena banyak orang yang juga perlu dalam mengolah data, maka mereka tentu saja harus memahami cara menggunakannya dan mengetahui basic excel formulas atau rumus-rumus dasarnya.

Daftar Basic Excel Formulas

  1. SUM merupakan basic excel formulas yang paling umum digunakan. Rumus ini berfungsi untuk menjumlahkan 2 data atau lebih. Berikut rumus untuk menggunakannya:
    =SUM(A1:A5)
    lalu tekan enter,
    kalian tinggal menyesuaikan range yang ingin dijumlahkan dengan memasukkannya ke rumus tersebut.
  2. AVERAGE digunakan untuk menghitung rata-rata dari data yang ada. Berikut rumusnya:
    =AVERAGE(B2:B7)
    lalu tekan enter.
  3. IF biasa digunakan utnuk menemukan hasil diantara 2 pilihan berdasarkan syarat tertentu. Misalnya, nilai KKM pada ujian adalah 75, maka kalian bisa mengetahui siapa saja yang nilainya dibawah atau diatas 75. Berikut rumusnya:
    =IF(logical_test;[nilai jika lulus];[nilai jika tidak lulus]
    lalu tekan enter,
    • Logical_test adalah kriteria yang ditetapkan untuk data
    • Nilai jika lulus atau tidak lulus adalah pilihan yang berdasarkan pada perbandingan data terhadap data
    Contoh:
    =IF(B2:B7>=75;”lulus”;”tidak lulus”)
    Jadi, jika nilai pada data lebih dari sama dengan 75, maka siswa dinyatakan lulus. Sedangkan kurang dari 75, maka siswa  dinyatakan tidak lulus.
  4. COUNT adalah rumus yang berfungsi untuk mengetahui jumlah data yang telah terisi pada range. Bukan hasil penjumlahan dari data, melainkan jumlah datanya. Berikut rumusnya:
    =COUNT(C12:C20)
    lalu tekan enter.
  5. COUNTIF berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang ada pada range, namun dengan syarat tertentu. Dan bisa dibilang, bahwa rumus ini adalah gabungan antara rumus Count dan If. Contoh, kalian ingin mengetahui berapa kali nama suatu makanan muncul dalam suatu data. Berikut rumusnya:
    =COUNTIF(range;”kriteria”)
    lalu tekan enter.
  6. COUNTBLANK digunakan untuk menjumlahkan data yang belum terisi pada range. Dan penggunaannya juga masih sama dengan yang sebelumnya. Berikut rumusnya:
    =COUNTBLANK(range data)
    lalu tekan enter.
  7. SUMIF adalah rumus yang biasa digunakan untuk menghitung penjumlahan data namun bersyarat. Berikut rumus untuk menggunakannya:
    =SUMIF(range;kriteria;[sum_range])
    lalu tekan enter.
  8. VLOOKUP berfungsi untuk mencari nilai atau item pada kolom atau tabel lalu mengambil nilai yang ada pada kolom lain di tabel yang sama. Berikut rumus untuk menggunakannya:
    =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
    lalu tekan enter,
    • Lookup_value merupakan kolom yang berisi nilai pada tabel referensi
    • Table_array merupakan tabel yang berisi sumber data
    • Col_index_rum merupakan nomor kolom yang terdapat pada tabel referensi
    •  Range_lookup merupakan penanda apabila data yang kalian cari tidak ditemukan pada tabel referensi, maka tidak ditampilkan
  9. CHOOSE adalah rumus yang digunakan untuk memilih dan menampilkan suatu nilai dalam daftar, dan pilihan tersebut dilakukan berdasarkan nomor indeks. Berikut rumusnya:
    =CHOOSE(index_num,”value1”,”value2”,”…”)
    lalu tekan enter.
  10. MULTIIF memiliki fungsi yang mirip dengan rumus IF. Bedanya, kamu bisa memasukkan lebih dari 1 kriteria. Bahkan, rumusnya juga hampir sama. Rumus ini bisa kalian gunakan misalnya untuk memberikan kriteria penilaian. Nilai 100 mendapat predikat A, nilai 90 mendapat predikat B dan nilai 80 mendapat predikat C. Berikut rumus untuk menggunakannya:
    =IF(C2=100;”A”;If(C2=90;”B”;If(C2=80;”C”)))

Share with your friends

1 komentar