Syarat Utama Teknologi Blockchain Bisa dan Cocok Digunakan Untuk Aplikasi Pelaku Bisnis - Dunia Kuliah

Kamis, 01 September 2022

Syarat Utama Teknologi Blockchain Bisa dan Cocok Digunakan Untuk Aplikasi Pelaku Bisnis

Teknologi Blockchain


Dilansir dari merdeka.com dan liputan6.com, salah satu teknologi yang sedang populer dan menarik perhatian banyak orang di berbagai negara saat ini adalah teknologi blockchain. Tak dapat dimungkiri, dengan teknologi ini dapat membantu proses bisnis yang terjadi lebih efisien. Sekedar informasi, blockchain sendiri merupakan basis data global online yang dapat diakses siapapun via internet.

Meskipun lebih efisien, tidak semua aplikasi cocok menggunakan teknologi blockchain. Menurut Budi Raharjo, pengamat IT dari Institut Teknologi Bandung (ITB), sistem blockhain pada dasarnya berjalan bila proses bisnisnya distribusi (distributed). Proses distributed inilah yang menjadi syarat utama aplikasi pelaku bisnis jika ingin menggunakan teknologi blockchain.

Proses Distributed


Proses Distributed Blockchain

Apa itu Proses distributed ? proses ini terjadi jika para pelaku bisnis memiliki database dari stakeholder-nya masing-masing, dan satu sama lain mendukung. Jika sudah terpenuhi, mereka bisa menggunakan teknologi blockchain. Namun apabila syarat itu tak terpenuhi, tidak perlu memaksakan untuk melakukan blockchain.

Meskipun sudah dijelaskan di berbagai forum dan referensi, masih banyak orang yang masih menambahkan embel-embel blockchain supaya meningkatkan kepercayaan konsumen, padahal belum tentu cocok karena proses bisnis yang dijalankan tidak distributed.

Keamanan Blockchain


Keamanan Blockchain

Berdasarkan keterangan Pandu Sastrowardoyo, CEO & Chairwoman Blockchain Zoo, blockchain dapat dipakai melakukan agregasi data yang dapat dikontrol, bisa terkumpul, namun tidak dimiliki oleh yang mengumpulkan, tetapi tetap berada di pemilik data.

Apakah aman? penyimpanan data akan sangat aman jika menggunakan teknologi blockchain karena data akan dienkripsi lebih dulu dalam satu blok. Kemudian, dibagikan ke blok yang lain untuk dienkripsi lagi, begitu seterusnya. Tidak hanya itu, data perusahaan atau lembaga yang sudah tersimpan menggunakan teknologi blockchain tidak dapat diubah. Oleh karena itu, data dipastikan akan tetap aman. Meskipun data tak dapat diubah, jangan khawatir karena masih dapat diperbarui jika terdapat pembaruan.

Smartphone yang Dukung Teknologi Blockchain


Smartphone yang Dukung Teknologi Blockchain

Menurut laporan The Next Web, HTC secara resmi mengumumkan rencananya untuk membesut smartphone Android yang bisa mendukung teknologi blockchain bernama Exodus. Dengan dukungan hardware, smartphone ini nantinya menjadi dompet universal untuk transaksi mata uang kripto (cryptocurrencies).

Dilansir dari liputan6.com dan laman The Verge, Exodus akan mendukung penggunaan ethereum, bitcoin dan sejumlah mata uang kripto lainnya, termasuk dengan kemitraan yang akan datang. Selain itu, exodus diharapkan dapat mendukung perdagangan cryptocurrency antar penggunanya. Untuk harga exodus sendiri belum dirilis saat ini, namun dikabarkan HTC mempertimbangkan pembelian Exodus bisa dilakukan dengan cryptocurrency nantinya. Tertarik mencoba?

Sumber Gambar
  1. https://starberita.com
  2. https://shutterstock.com
  3. https://finder.com
  4. https://pcmag.com

Share with your friends

Give us your opinion