Review Keamanan Crowdo, Platform Pinjaman untuk Pelaku UKM di Indonesia Terbaru Tahun 2018 - Dunia Kuliah

Sabtu, 03 September 2022

Review Keamanan Crowdo, Platform Pinjaman untuk Pelaku UKM di Indonesia Terbaru Tahun 2018

Crowdo Platform Pinjaman

Setelah mendapatkan sertifikat ISO 27001 pada 25 Mei 2018, Platform pinjaman untuk pelaku UKM, Crowdo, menjanjikan keamanan data pada pelanggannya. Sertifikat tersebut juga menjadi bukti upaya Crowdo memenuhi Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi.

Menurut pernyataan Cally Alexandra, General Manager Crowdo Indonesia, sertifikat ISO 27001 yang didapatkan Crowdo merupakan bentuk standarisasi dalam menjaga kerahasiaan data nasabah, bagaimana meyakinkan kepada nasabah datanya tidak akan mengalami leak out (bocor). Informasi ini disampaikan langsung dalam Media Gathering Crowdo, Rabu (30/5/2019) kemarin.


Sertifikat ISO 27001 Crowdo

Setifikat ISO 27001 Crowdo

Dengan diraihnya sertifikat ISO 27001, nasabah bisa lebih yakin dan aman saat melakukan peminjaman dana lewat Crowdo. Untuk mendapatkan sertifikat ini bukanlah hal yang mudah, perlu proses dan beberapa tahapan sebelum mendapat sertifikasi ISO 27001. Proses dimulai sejak 6 bulan lalu, mulai dari persiapan hingga per Desember Crowdo mulai mengajukan sertifikat ISO 27001.

Sistem keamanan yang digunakan Crowdo menjadi salah satu hal yang diaudit oleh penguji. Setelah dilakukan penetrasi sistem atau menguji keamanan sistem dengan mencoba meretas sistem Crowdo. Hasilnya sistem Crowdo tidak berhasil diretas (dibobol) dan terbukti tetap aman. Selain percobaan penetrasi sistem, Crowdo juga diaudit dari sisi internal maupun eksternal oleh lembaga British Standards Institutions (BSI).

Para pengguna bisa lebih tenang menggunakan Crowdo karena sudah memiliki sertifikat ISO 27001 yang berstandar internasional, teknologi yang diterapkan oleh Crowdo pun sudah berstandar internasional. Setelah mendapat sertifikat ISO 27001, Crowdo Indonesia segera mengurus izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salurkan Dana Investasi Asing Sebesar Rp 100 Miliar

Crowdo Salurkan Dana Investasi Asing

Sekadar informasi tambahan, penyaluran dana oleh Crowdo diperuntukkan kepada para pelaku UKM dengan total proyek lebih dari 3500. Adapun pinjaman terbanyak diperuntukkan untuk sektor infrastruktur. Hingga kuartal 1 2018, Crowdo Indonesia telah menyalurkan investasi asing sebesar Rp 100 miliar dan rata-rata menyalurkan pinjaman senilai Rp 20-30 miliar per bulan pada tahun ini.

Diraihnya sertifikat ISO 27001 juga menjadi langkah penting bagi Crowdo untuk meningkatkan distribusi pinjaman UKM. Crowdo memiliki target untuk menyalurkan pinjaman hingga Rp 500 miliar sampai akhir tahun 2018. Tertarik Mencoba?


Sumber Gambar
  1. https://id.techinasia.com
  2. https://qgspl.com
  3. https://nextren.grid.id

Share with your friends

Give us your opinion