Bahasa Pemrograman Web Terbaik 2023 - Dunia Kuliah

Jumat, 09 Juni 2023

Bahasa Pemrograman Web Terbaik 2023

pemrograman web
dicoding.com
 

Pemrograman web – Pada artikel sebelumnya kita sudah sering membahas tentang pemrograman, baik itu cara belajar pemrograman maupun jenis-jenisnya. Nah, untuk menjadi programer tentu kamu harus menguasai banyak hal tentang ilmu tersebut.

Pertama yang harus di pahami oleh programer adalah bahasa pemrograman web, mobile dan dekstop. Seanjutnya mungkin teknik dan ilmu pemrograman lainnya yang lebih mendalam.

Sebelumnya Dunia Kuliah ingin bertanya, apakah Anda orang yang termasuk pengen jadi programer? Jika benar, yuk simak pembahasan singkat di bawah ini!

Apa itu bahasa pemrograman web?

Berbicara tentang bahasa pemrograman, sekilas akan ingat sekumpulan kata-kata perintah atau intruksi yang ada dalam komputer agar bisa melaksanakan tugas-tugas tertentu. Jadi fungsi utamanya adalah agar bisa memerintah kompter supaya bisa mengolah data berdasarkan tahapan penyelesaian yang telah ditentukan intruksinya oleh programer.

Sedangkan bahasa pemrograman web yakni pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis website. Untuk mengakses aplikasi web tersebut bisa kita gunakan web browser seperti google chrome, mozila, opera dan lain sebagainya.

Alasan belajar Pemrograman Web

Sebelum pada pembahasan macam-macam bahasa pemrograman, alangkah baiknya kita paparkan alasan mempelajari sistem ini.

Tahukah kamu, pemrograman web ini lebih mudah kamu pelajari jika dibanding dengan pemrograman mobile dan dekstop. Mengapa bisa seperti itu? simak beberapa alasan berikut:

1.      Spesifikasi laptop/komputer

Mempelajri bahasa pemrograman web tidak harus menggunakan spesifikasi laptop yang tinggi, cukup dengan spek laptop kentang atau pas-pasan sudah bisa kamu gunakan.

2.      Toolsnya mudah didapat

Kamu pasti suka dengan kabar ini, toolsnya mudah didapatkan secara gratis loh. Seperti halnya teks editor, browser dan lain-lainnya sudah ada, kamu tinggal mendownload saja. Selain itu kapasitasnya yang ringan sehingga tidak akan memakan ram atau hardisk yang tinggi.

3.      Tutorialnya banyak

Alasan selanjutnya yaitu bahasa pemrograman web terbilang cukup banyak tutorial dan sudah lengkap. Seperti cara mempelajari dari 0 Youtube, kursus online, blog atau ebook.

4.      Komunitas aktif

Jika kamu memiliki banyak pertanyaan mengenai bahasa pemrograman, ia memiliki komunitas yag cukup banyak dan besar. Sehingga kamu bisa share beberapa pertanyaanmu di facebook atau telegram.

Macam-macam bahasa pemrograman web terbaik

Jika sudah memahami tentang apa itu bahasa pemrograman web, sekarang kamu sudah bisa menengok berbagai macam bahasa pemrograman web terbaik di tahun 2023 ini yang banyak digunakan oleh developer di seluruh dunia.

1.      HTML/CSS

Dalam dunia  web developer menguasai HTML/CSS sangatlah penting, sebab semua website yang kita gunakan pasti menggunakan HTML/CSS untuk desainnya. Maka tidak heran jika ia menempatai urutan pertama yang wajib kamu kuasai dalam pemrograan web.

2.      PHP

Berdasarkan data, 78% website yang online saat ini di seluruh dunia telah di bangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Mengapa begitu? Hal tersebut karena beberapa alasan kenapa bisa sepopuler itu.

  • Tutorial yang lengkap dan komunitas besar.
  • Merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari.
  • Platform ganda, sehingga bisa kamu gunakan di OS apapun.
  • Pilihan database yang cukup banyak.
  • Tinggi fleksibilitas.

3.      Javascript

Selain PHP, Javascript juga terbilang bahasa pemrograman yang paling populer di dunia loh. Hal tersebut di karenakan Javascript dapat membangun website dengan lebih responsive, dinamis, serta interaktif. Kamu juga akan wajib pakai banget menguasai ini jika ingin menjadi web developer khususnya front and development.

4.      Python

Untuk membuat website baik dalam skala kecil hingga besar, Python sebagai bahasa pemrograman yang paling cocok. Ia juga sangat populer untuk back end developer, data science, machine learning, dan internet of things.

Menariknya, banyak sekali platform besar yang menggunakan Python mulai dari game hingga media sosial, seperti:

  • Vega strike
  • Flappy bird
  • Spotify
  • Pinterest
  • Facebook, dan lain sebagainnya.

5.      Java

Bahasa pemrograman yang satu ini sudah populer untuk membangun aplikasi yang berbasis android. maka sudah bukan hal yang asing lagi jika Java digunakan untuk mengembangkan back end web pada sebuah aplikasi atau situs web dalam dunia development.

Ada beberapa framework Java yang biasa orag gunakan untuk mengembangkan back end web, antara lain:

  • Spark
  • Spring
  • Vaadin
  • Netty, dan lain sebagainya.

6.      Typescript

Jika kamu sedang berfokus pada front end dev, maka Typescript patut kamu pelajari. Pasalnya bahasa pemorgraman yang satu ini cukup populer setelah Python.

Nah, beberapa keunggulan ini bisa kamu perhatikan:

  • Tidak lagi membutuhkan runtime plugin.
  • Sudah mendukung OOP.
  • Bisa kamu gunakan pada berbagai platform, dan masih banyak keunggulan lainnya.

Akhir kata

Itulah sekilas informasi mengenai bahasa pemrogaman hingga macam-macamnya yag menduduki terbaik tahun ini.

Semoga artikel ini bermanfaat. Teriakasih telah menjadi pengunjung setia kami.


Share with your friends

Give us your opinion