Pemrograman Adalah: Pengertian dan Contohnya - Dunia Kuliah

Jumat, 09 Juni 2023

Pemrograman Adalah: Pengertian dan Contohnya

pemrograman adalah
accurate.id
 

Pemrograman adalah – Kamu seorang programer atau seorang mahasiswa jurusan pemrograman? Sepertinya tidak penting ya pertanyaan seperti itu. Siapapun boleh-boleh saja belajar pemrograman. Jika itu adalah kamu maka hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah pengertian dari pemrograman itu sendiri.

Karena pada dasarnya ilmu pemrograman akan sangat dibutuhkan seperti pada bagian IT. Apalagi pemrograman semakin kesini semakin berkembang pesat, terutama pada pemrograman Android yang sering jadi perbincangan. Maka dari itu tidak ada salahnya kita mempelajari sedikit banyak ilmu pemrograman.

Apa itu pemrograman?

Tidak perlu banyak basa-basi, langsung saja pada pembahasan inti. Pemrograman adalah proses menulis, memperbaiki eror (bug) serta pengujian terhadap suatu program. Akan ada kode yang ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.

Namun ada yang mengartikan bahwa pemograman adalah suatu proses penyusunan, pemeliharaan dan melakukan modifikasi untuk bisa memberikan perintah kepada mesin. Perintah tersebut berupa arahan kepada mesin untuk memproses sebuah data yang akan di input mejadi suatu output.

Lalu apa tujuan adanya pemrograman?

Tujuan utama pemrograman adalah membuat suatu sitem yang akan saling terhubung, dan di dalamnya terdapat kode-kode yang sudah disajikan oleh programmer. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa pemrograman adalah seni yang tercipta untuk sesuatu hal yang bermanfaat berupa sistem.

Sejarah singkat dunia pemograman

Berbicara tentang sejarah singkat, tentu kita akan membahas dari awal munculnya pemograman komputer.

Terbentuknya pemograman di mulai dari hasil penemuan dari para ahli teknologi tentang sebuah metode teknologi tertentu. Ternyata pemograman sudah ada sejak tahun 1822. Sebagai cabang ilmu pengetahuan tentu sudah sangat tua bukan?

Pada tahun yang sama Charles Bebbage telah menemukan mesin pengolah data, yang kemudian di beri ama Difference Engine. Beliau terus mengembangkan mesin tersebut hingga di teruskan oleh anaknya yang berhasil membuat salinan perhitungan algoritma.

Setelah salinan tersebut disebarkan mulailah terjadi perkembangan di dunia IT. Hingga tahu 1945 muncul bahasa pemograman tingkat tinggi pertama kali. Namun, terjadi insiden besar yang membuat sitem digital rusak.

Ternyata setelah melakukan penelitian, mereka menemukan bug (debug) pada sistem tersebut. Sampai sekarang bug terkenal sebagai gangguan yang bisa membuat kerja sistem tidak sesuai dan menyimpan. Sehingga sistem tidak bisa berjalan dengan baik dan mengakibatkan banyak masalah yang muncul.

Seiring berjalannya waktu pemograman dan bahasa pemograman semakin berkembang pesat, sehingga semua orang lebih mudah memenuhi pekerjaannya dengan teknologi.

Contoh pemrograman

Sekarang sudah jelas bukan apa itu pemrograman, nah sekarang kita sebutkan serta jelaskan contoh-contoh pemrograman yang umum. Berikut beberapa contoh pemrograman:

1.      Pemograman Java

Pada artikel sebelumnya sepertinya sudah pernah kita sebut bahwa Java merupakan bahasa pemograman yang bersifat lokal. Selain itu ia juga sering disebut program destop. Dalam aplikasi ini juga biasanya menggunakan netbean 7 atau netbean 8.

2.      Pemograman Web

Berbeda dengan contoh pemograman yang satu ini, cukup menggunakan internet kamu sudah dapat mengkases aplikasi tersebut. Selain itu jangkauannya yang luas sehingga Web banyak sekali yang menggunakan.

PHP merupakan bahasa pemograman khusus web, sedangkan dreamweaver adalah aplikasinya.

3.      Pemograman Android

Pasti kamu tidak asing lagi dengan pemograman yang satu ini. hampir 100% anak-anak hingga dewasa telah menggunakan benda kecil dengan pemograman Android. Hal tersebut dikarenakan cara kerja Android yang super canggih, mudah didapatkan. Selain itu Android juga mudah dijalankan karena menggunakan bahasa Java IDE dan aplikasinya bernama android studio.

4.      Pemograman aplikasi

Apa bedanya aplikasi dengan pemograman Android? tentu ada perbedaan. Pemograman aplikasi berfungsi untuk membangun sebuah aplikasi di smartphone, baik untuk android, Ios maupun iPhone.

Aplikasi mampu bekerja secara optimal untuk menyelaseaikan pekerjaan serta tugas dari para penggunanya. Misalnya Microsoft Office yang berfokus pada pengolahan data, seperti Microsoft Excel untuk mengolah data angka dan Microsoft Word untuk mengolah data tulisan dan gambar. Jadi pemograman aplikasi ini berfokus pada satu tujuan saja. Di luar kebutuhan pengolahan data tersebut, kamu harus mencari dan menggunakan aplikasi khusus lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban dari pertanyaa pemograman adalah? Serta sejarah singkat dan juga contoh pemograman yang bisa kamu ketahui.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh pemograman yang sudah terkemas rapi oleh komputer. Mungkin cukup empat saja yang kita rangkum dalam artikel ini.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung!

Share with your friends

Give us your opinion