Cara Mudah dan Cepat Belajar Pemrograman Dasar, 15 Menit Cukup - Dunia Kuliah

Selasa, 30 Mei 2023

Cara Mudah dan Cepat Belajar Pemrograman Dasar, 15 Menit Cukup

Pemograman Dasar
reviewsteknologiku.tech
 

Pemrograman dasar – Mungkin sebagian orang menganggap belajar membuat aplikasi atau pemrograman komputer itu lama. Ternyata tidak seperti yang kamu bayangkan, waktu 15 menit saja sudah cukup untuk mempelajari materi pemrograman dasar.

Kok bisa, pasti kamu penasaran apa saja yang akan dipelajari dengan waktu secepat itu?

Penasaran? Yuk simak materi yang kami sajikan di bawah ini.

Apa itu pemrograman dasar

Hal pertama yang perlu kamu pahami yakni pengertian pemrograman dasar. pemrograman merupakan suatu proses yang meliputi menulis, memperbaiki, testing dan memaintenace (memelihara) suatu perintah (kode) sebuah program komputer.

Misalnya, SMADAV adalah program antivirus buatan lokal yang cukup keren di kelasnya. Pembuatan program tersebut tidak bisa langsung selesai dalam hitungan jam, akan ada proses yang dilalui programmer untuk menjadi aplikasi yang sempurna seperti SMADAV saat itu.

Lalu apa saja sih proses pemrograman yang akan di lalui oleh seorang programmer? Berikut prosesnya:

  1. Programmer akan menulis kode-kode program menggunakan bahasa pemrograman.
  2. Jika sudah selesai menulis kode-kode, kemudian mereka merilis (ada versi program alfa, beta dan stable) dan melakukan testing.
  3. Setelah itu mengkoreksi apa ada kesalahan (debug) pada program yang telah ia rilis.
  4. Apabila menemukan debug, maka programmer akan mencari letak kesalahanya lalu memperbaikinya.
  5. Selanjutnya programmer akan merilis program tersebut dengan versi yang lebih baru. Tidak lupa melakukan pemeliharaan secara berkala. Artinya, programmer akan selalu meng-update terhadap programnya sesuai dengan kebutuhan user serta perkembangan teknologi.

Konsep dasar pemrograman

Setelah memahami devinisi pemrograman dasar, selanjutnya kamu bisa mempelajari konsep dasar pemrograman komputer yang meliputi input, proses serta output. Berikut penjelasannya:

  • Input adalah suatu proses memasukkan data ke dalam komputer menggunakan perangkat input seperti mouse, keyboard dll.
  • Kemudian data di proses menggunakan perangkat procesing yang biasanya terdri dari: menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengelompokkan dan juga mencari perangkat penyimpanan (storage).
  • Lalu data akan ditampilkan berupa informasi melalui perangkat output, seperti monitor, speaker dll.

Konsep di atas telah di kembangkan lagi menjadi Originating > Input > Proses > Output > Distribution.Berikut penjelasannya:

  • Originating adalah pengumpulan data yang berupa catatan data sebelum melalui proses input.
  • Distribution adalah suatu proses menyebarkan informasi kepada pihak-pihak tertentu.
  • Lalu komponen satu lagi yakni Storage yang berarti tahapan yang merekam hasil pengilahan data. Dan akan digunakan untuk proses input berikutnya.

Macam-macam bahasa pemrograman yang sedang populer

Katahui terlebih dahulu apa maksudnya bahasa pemrograman itu sebelum meloncat ke macam-macam bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman adalah kata atau bahasa yang bertugas mengubungkan pengguna dengan mesin komputer, karena bisa menerjemahkan perintah yang dipahami oleh komputer. Bahasa pemrograman ini telah digunakan untuk membuat sebuah program komputer yang di dalamnya terdiri dari kode-kode (sintaks) sebagai pengerjaan suatu proses tertentu pada komputer.

Ketika kamu klik save maka akan tersimpan. Klik play  musik akan terputar. Begitulah kira-kira bagian dari mengerjakan perintah pada bahasa pemrograman.

Kategori bahasa pemrograman

Di antara macam-macam bahasa pemrograman, terdapat kategori bahasa yang bisa kamu bedakan, yakni bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat tinggi.

1.      Bahasa tingkat rendah

Merupaka bahasa pemrograman yang hanya dimengerti oleh mesin, jadi bahasa ini dikerjakan oleh mesin. Misalnya bahasa standar rakitan atau biasa di kenal dengan assembler.

2.      Bahasa tingkat tinggi

Selanjutnya adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, merupakan bahasa yang sudah mendekati bahasa manusia. Dengan tujuan agar pengguna bisa dengan mudah memahami bahasa ini. Mesin akan membutuhkan compiler untuk mengerjakan sebuah perintah.

Lalu apa saja sih contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi?

Simak 5 jenis bahasa tingkat tinggi yang sedang populer dan biasa di gunakan untuk belajar pemrograman dasar adalah berikut ini:

1.      Java

Seperti namanya, bahasa ini berkembang menggunakan bahasa java atau jawa. Bahasa pemrograman unik ini telah populer karena bisa kamu jalankan pada semua platform dan OS yang berbeda-beda.

Melihat aplikasi android saat ini banyak berkembang menggunakan bahasa jawa, sehingga java tetap menjadi primadona meskipun google telah resmi mendukung C++ dan baru-baru ini kotlin. Hal ini tentu ada keuntungan dari java sendiri yakni library java cukup lengkap sehingga memudahkan programmer.

2.      C++

Bahasa pemrograman yang satu ini berorientasi objek yang berasal dari pengembangan bahasa pemrograman C. Walaupun memiliki penulisan sintaks yang hampir mirip, namun keduanya memiliki perbedaan untuk menyelesaikan masalah pemrograman.

3.      Php

Membaca namanya jadi ingat bahasa anak muda yang biasa dibuat ungkapan Pemberi Harapan Palsu. Tapi bukan itu dong!

Php adalah salah satu bahasa pemrograman yang berbasis web, dan sudah memiliki banyak pengguna. sehingga di Indonesia khususnya php memilikikomunitas dan ada grup facebook yang cukup banyak dan aktif anggotanya.

 php bertugas menghidupkan fungsi-fungsi dari tampilan yang sudah dibuat menggunakan html dan css setelah mereka berfokus pada tampilan sebuah aplikasi web.

Selain itu php juga bertugas memberikan perintah pada tombol, menginpt isian dan lain sebagainya.

Akhir kata

Itulah materi singkat yang bisa kamu gunakan untuk belajar pemrograman dasar dengan cara mudah dan cepat. Lima belas menit sudah cukup bukan!

Semoga artikel ini bermanfaat. Nantikan artikel menarik selanjutnya di situs kami. Terimakasih.

Share with your friends

Give us your opinion