Cara Mudah Belajar Pemrograman Python Dari Dasar Untuk Pemula - Dunia Kuliah

Kamis, 01 Juni 2023

Cara Mudah Belajar Pemrograman Python Dari Dasar Untuk Pemula

petanikode.com
 

Pemrograman python – Jika kamu seorang mahasiswa jurusan komputer atau yang semacamnya, mungkin pernah mendengar istilah pemrograman python. Sudah paham sedikit tapi belum menguasai. Nah, jika kamu ingin menguasainya, maka kamu bisa mempelajarinya mulai dasar pemrograman python.

Pada dasarnya bahasa pemrograman Python adalah bahasa yang memang disarankan untuk pemula karena perintahnya yang ringkas, sehingga mudah dipahami.

Kabar baiknya kamu bisa belajarpemrograman python dasar dengan mudah loh!

Tidak perlu bertanya bagaimana caranya, karena Dunia Kuliah akan mengenalkan apa itu Python, fungsi sertatutorial pemrograman python.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu python?

Sebelum belajar pemrogramannya, kenali dulu apa artinya python. Python merupakan salah satu dari beberapa contoh bahasa pemrograman di dunia. Ternyata, python bisa kamu pakai untuk banyak hal, misalnya membangun website atau menganalisis data atau diesbut juga general purpose.

Ada beberapa karakteristik yang di miliki oleh pemrograman ini, yakni:

  1. Tergolong bahasa tingkat tinggi; yang artinya sintaks Python didesain semirip mungkin dengan bahasa manusia. Dengan begitu proses belajar python untuk pemula menjadi lebih cepat, mudah dan menyenangkan.
  2. Menggunakan pendekatan berorientasi objek (object oriented programming);artinya perintah pada coding Python tersusun dari objek-objek kecil, yang berarti memiliki karakteristik atau atribut tersendiri.
  3. Ditulis secara dinamis, artinya object python dapat berupa kumpulan variabel. Sedangkan variabel tersebut akan di isi beberapa tipe data. Lebih uniknya, python mengizinkan kamu mengubah tipe data dari variabel yang sama tanpa ada error.

Apabila kita ukur dari statusnya, Python merupakan salah satu bahasa pemrograman terpopuler yang mendududuki posisi tiga besar dengan prosentase pengguna sebesar 48,24%. Maka jangan kaget kalau banyak perusahaan kelas dunia yang menggunakan bahasa pemrograman Python. Sebut saja Netflix, Amazon, Quora, Slack, Intel, Dropbox, Ebay, Spotify, dan masih banyak lagi.

Fungsi pemrograman python

Setelah mengetahui apa itu python, selanjutnya hal yang perlu kamu pelajari yaitu fungsi dari python itu sendiri, dan alasan mengapa kamu harus mempelajarinya segera. Berikut fungsi-fungsinya:

1.    Gratis dan open source

Hal yang mengharuskan kamu belajar sekarang adalah python dapat kamu gunakan secara gratis, baik semua library, modul, dan tools untuk menjalankan python dapat kamu nikmati tanpa biaya spesrpun.

Tidak hanya itu, bahasa pemrograman python juga open source yang artinya kamu bebas menggunakan Python, entah untuk tujuan pribadi maupun komersial. Di situ kamu juga tidak perlu membayar royalti kepada pengembangan python.

2.    Mudah dipelajari

Python terbilang mudah di pejari jika kita lihat dari kacamata bahasa tingkat tinggi dengan sintaks mirip bahasa manusia. Hal tersbeut di karenakan perintah coding Python jauh lebih simpel.

Menariknya, Python telah memiliki komunitas yang luas loh. Dengan kemunitas tersebut kamu bisa berdiskusi saat mengalami kesulitan belajar Python. Berikut adalah nama-nama Python terkenal yang bisa kamu ikuti:

  • Python Community discord.
  • Python Stack Overflow.
  • Python Developers Community Linkedln.
  • Python Education Reddit.
  • Python Indonesia Facebook.

3.    Multiplatform

Maksud dari fungsi yang ketiga ini adalah kamu bisa dengan bebas menulis coding Python, kemudian menjalankannya di berbagai sistem operasi populer, seperti Linux, Windows atau MacOS.

Dengan multiplatform kamu bisa segera memulai belajar Python tanpa harus mengganti ataupun membeli perangkat baru yang kompatibel dengan Python.

Cara menginstal dan menggunakan Python

Selanjutnya, setelah tahu arti serta fungsi Python kini waktunya belajar cara menginstal dan menggunakan Python dengan langkah-langkah berikut:

1.    Download dan install Python

Sebelum menggunakan tentu kamu perlu mendownload terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan kunjungi laman ini https://www.python.org/downloads/. Di sini kita contohkan untuk versi Python 3.10.4 untuk windows.
  2. Kemudian tunggu, maka proses download akan berlangsung. Apabila sudah selesai, klik dua kali file instalasi Python tersebut.
  3. Lalu klik Run.
  4. Pada tampilan berikutnya, klik centang pada opsi Add Python 3.10 to PATH. Dan klik Install Now. Tunggu proses instalasi berjalan.
  5. Jika tampilan sudah berubah, itu artinya Python sudah berhasil terinstal di komputer kamu. Selanjutnya klik Close yang terletak di bagian bawah.
  6. Selesai.

2.    Validasi Instalasi Python

Setelah berhasil mendownload Python, tahap berikutnya adalah dengan memvalidasi agar lebih yakin bahwa Python benar-benar sudah terinstal di komputer. Cara memvalidasi cukuplah mudah, kamu bisa menggunakan software terminal bawaan milik komputer, seperti aplikasi Command Prompt yang terdapat pada Windows.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Silahkan buka aplikasi Command Prompt.
  2. Lalu tuliskan perintah seperti ini: python –version.
  3. Setelah itu tekan Enter.
  4. Jika sudah mucul tulisan: “C: \User\Niagahoster>python –version Python 3.10.4” di antara banyak tulisan, berarti python sudah berhasil terinstal di komputer kamu.

3.    Cara menggunakan Python

Nah, kini waktunya kamu belajar menggunakan Python jika sudah terinstal dan tervalidasi. Menariknya Python telah menyediakan teks editor bawaan bernama IDLE, dengan begitu kamu tidak perlu memasang teks editor lainnya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mulai menggunakan Python:

  1. Silahkan buka aplikasi IDLE Python.
  2. Kemudian klik menu File > New File untuk membuat program sederhana Python.
  3. Sebelum menulis program, sebaiknya kamu menyimpan file terlebih dahulu dengan klik File > Save, kemudian simpan file sesuai kehendak.
  4. Setelah itu kamu bisa menulis sintaks Python kamu. Contoh menulis perintah ini: print (“contoh program python”).
  5. Langkah selanjutnya untuk menjalankan program, klik menu Run > Run Module.
  6. Lalu akan muncul tampilan yang banyak tulisan, dan paling bawah ada tulisan “contoh program python. Artinya program telah berhasil di jalankan.
  7. Namun jika paling bawah terdapat tulisan banyak berwarna merah, dan salah salah satunya bertuliskan “error”, artinya program kamu sedang bermasalah.

Akhir Kata

Demikianlah sekelumit informasi tentang pemrograman Python. Artikel ini sangat mudah dipahami untuk pemula yang masih belajar dari dasar Python.

Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menjadi pengunjung situs kami.

Share with your friends

Give us your opinion