Jenis - Jenis Multimedia Pembelajaran Yang Sering Dikenal - Dunia Kuliah

Minggu, 21 Mei 2023

Jenis - Jenis Multimedia Pembelajaran Yang Sering Dikenal

Jenis - Jenis Multimedia Pembelajaran
nesabamedia.com

Jenis-jenis multimedia pembelajaran – Jika mendengar tentang multimedia tentu dalam benak akan mengerucut kepada gambar maupun video. Namun, bagaimana dengan multimedia pembelajaran? Apakah ada hubungannya dengan kurikulum pendidikan?

Nah, kali ini Dunia Kuliah akan mengajak kalian mengenal lebih dalam apa itu multimedia pembelajaran. Tidak hanya itu, kita juga akan mengenal berbagai jenis multimedia pembelajaran.

Biar tidak penasaran, yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Multimedia Pembelajaran

Oh, iya sebelum membahas jenis-jenisnya saya kira penting juga deh membahas apa itu multimedia pembelajaran. Namun, kita kupas satu persatu mulai dari pembelajaran hingga multimedia.

Pembelajaran

Seorang ahli psikologi pendidikan telah menuliskan pengetian dari pembelajaran, yakni Robert Miles Gagne dari Amerika yang lahir pada tahun 1916 dan wafat tahun 2002. Beliau mengatakan bahwa pembelajaran adalah seperangkat peristiwa eksternal yang dirancang untuk mendukung beberapa proses apa saja yang bersifat internal.

Penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran itu harus dirancang secara eksternal untuk memberikan pembelajaran kepada anak didik.

Multimedia

Jika penegrtian dari pembelajaran adalah sebuah rancangan untuk beberapa proses, maka multimedia adalah sebagai alat dari proses itu sendiri. Seperti pendapat beberapa ahli berikut ini:

1.    Robin dan Linda pada tahun 2001

Devisi pertama yakni dari Robin dan Linda, mereka mengatakan bahwa multimedia merupakan sebuah alat yang bisa digunakan sebagai media presentasi yang lebih interaktif serta dinamis.

Bagaimana tidak, dengan media tersebut kamu dapat mengintergrasikan berbagai macam data mulai dari teks grafik video animasi hingga audio.

2.    Hopstekter tahun 2001

Kedua, Hopstekter mengatakan bahwa multimedia adalah pemanfaatan teknologi komputer sebagai media dalam pembuatan dan menyatukan data, baik berupa teks, grafik maupun audio. Dengan memanfaatkan perangkat lunak, sehingga kamu bisa berinteraksi, berkreasi serta berkomunikasi.

3.    Turban dan kawan-kwannya tahun 2002

Mereka mendevinisikan bahwa multimedia merupakan kombinasi dari dua media yaitu input dan output. Terdapat perbedaan jika dilihat dari kedua kombinasi tersebut. Media yang di kombinasikan adalah berupa teks, audio, video, gambar, grafis dan animasi.

Jika kita simpulkan dari ketiga pengetian di atas, bahwa multimedia merupakan media yang berkombinasi dan terintegrasi. Sebagai media atau alat untuk menyampaikan informasi yang dikombinasikan dengan gambar teks grafik audio.

Jenis-jenis Multimedia

Apabila sudah tahu dan paham pengertian dari multimedia pembelajaran, sekarang waktunya mengetahui jenis-jenis multimedia itu sendiri yang terbagi menjadi tiga jenis, yakni sebagai berikut:

1.      Multimedia linier

Seperti namanya, multimedia jenis ini berjalan secara lurus yang berarti satu arah tanpa kontrol dari pengguna. sehingga kamu tidak hanya bisa menyaksikan atau mengakses media ini secara satu arah saja.Misalnya, kamu menonton televisi, menonton video, membaca ebook atau yang lainnya.

2.      Multimedia Hiperkatif

Beda dengan multimedia hiperaktif yang nantinya diarahkan oleh pengunanya. Jadi multimedia hiperaktif ini mempunyai struktur dengan unsur terkait yang nantinya dapat diarahkan oleh pengguna pengguna melalui link dengan unsur multimedia yang ada.

Selain itu multimedia ini disebut juga Richmedia, seperti Wikipedia, YouTube. Youtube yang dimaksud adalah aplikasinya, di mana aplikasi YouTube telah menyajikan video-video rekomendasi yang berupa link dan bisa kamu pilih.

Uniknya, saat ini sudah ada aplikasi bernama artificial intelegent (AI) sudah cukup maju, sehingga media sosial seperti Youtube bisa merekomendasikan video yang serupa dengan yang biasa pengguna tonton. Misalnya, kamu biasa menonton olahraga, Youtube merekomendasikan video olahraga.

3.      Multimedia interaktif

Jenis multimedia ini kebalikan dari multimedia linier, yakni pengguna lebih aktif. Selain itu bisa memberikan kontrol maupun masukan terhadap multimedia tersebut. Tidak hanya itu, alat ini sudah lengkap dengan alat bantu komputer Mouse keyboard dan lain sebagainya, yang berguna untuk input yang bisa mengontrol media itu.

Menariknya, multimedia interaktif ini dapat menggabungkan media-media lain yang terdiri dari teks, desain grafis, audio serta rancangan lainnya. Misalkan saja aplikasi game, CD interaktif, aplikasi program, virtual reality dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Demikianlah tiga jenis multimedia pembelajaran yang bisa kamu simak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca yang mampir di situs kami.

Terimakasih telah berkunjung.

Share with your friends

Give us your opinion