Cara Mengubah File Csv ke Xls Dengan Mudah - Dunia Kuliah

Senin, 19 Juni 2023

Cara Mengubah File Csv ke Xls Dengan Mudah

Csv ke Xls
blog.aspose.com
 

Csv ke Xls – Comma Separated Values atau biasa dikenal dengan csv merupakan salah satu jenis format file dalam basis data yang dimana, setiap recordnya dipisahkan oleh tanda koma (,) atau tanda titik koma (;). File dengan format ini bisa diakses melalui beberapa text-editor pada perangkat seperti Wordpad, Notepad dan Microsoft Excel. Namun, mengakses menggunakan Micrsosft Excel memang menjadi pilihan banyak orang karena lebih banyak dimiliki oleh perangkat mereka.

Maka dari itu, ketika menemukan file dengan format csv, banyak orang memilih untuk mengubahnya ke Excel dengan format xls. Namun, tidak semua orang mengetahui cara mengubah file dengan format csv ke xls ini. Jadi, simak penjelasannya berikut ini.

Mengubah Csv ke Xls

Selain dari xls ke csv, kalian juga bisa mengubah file csv ke xls. Biasanya, hal ini terjadi pada orang-orang yang mengunduh file dari internet dan ternyata formatnya adalah csv. Jika ingin merapikannya secara manual, tentu akan memakan waktu yang cukup lama karena biasanya data tersebut masih dalam satu baris yang sama dan hanya dipisahkan oleh koma, titik koma atau tanda petik. Perhatikan cara berikut agar kalian tidak keliru. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka file csv yang ingin kalian ubah
  2. Blok kolom A hingga baris yang berisi data
  3. Klik ‘Data’ pada menu bar
  4. Pilih ‘Text to Column’ pada bagian ‘Data Tools’
  5. Pada laman yang muncul, pilih ‘Delimited’, lalu ‘Next’
  6. Bubuhkan tanda centang pada kotak untuk pilihan ‘Tab’, ‘Semicolon’ dan ‘Comma’
  7. Apabila data diapit oleh tanda petik, hapus tanda petik yang terletak pada ‘Text Qualifier’
  8. Terakhir, tekan tombol ‘Finish’ dan tampilan pada data tersebut sudah berubah menjadi kolom dan telah menjadi file excel. Jangan lupa untuk menyimpan file tersebut, tentunya dengan format xls atau xlsx

Selain menggunakan cara diatas, kamu juga bisa mengubah file dengan format csv ke xls menggunakan converter online. Caranya sangat mudah. Yaitu, kalian cukup menuliskan ‘csv to xls’ pada kolom pencarian google, lalu menekan tombol pencarian dan setelah itu akan muncul beberapa web yang menyediakan converter online dari file dengan format csv ke xls. Setelah itu, kalian tinggal memasukkan file yang ingin kalian ubah lalu mengunduhnya. Karena file yang kalian unduh tersebut sudah berubah formatnya dan tersimpan di perangkat kalian. Selamat mencoba!csv ke xls

Share with your friends

Give us your opinion