Mengenal Sejarah Logo Photoshop - Dunia Kuliah

Jumat, 23 Juni 2023

Mengenal Sejarah Logo Photoshop


Logo Photoshop
fontinlogo.com


Logo Photoshop – siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini. ya, Adobe Photoshop. Aplikasi ini diperuntukkan bagi kalian yang suke mengedit foto, gambar digital grafis, atau simbol, dan lain sebagainya.

Biasanya, Photoshop digunakan oleh para fotografer atau peminat IT dan sejenisnya untuk mengedit serta memperindah foto yang mereka ambil untuk mendapatkan hasil gambar terbaik sesuai dengan yang mereka inginkan.

Salah satu yang paling dikenal dari Photoshop adalah logonya. Sudah tergambar di kepala kita bagaimana logo Photoshop ketika nama aplikasi itu disebutkan. Logo Photoshop telah mengalami perubahan sebanyak 14 kali setelah 30 tahun berdiri, yaitu sejak tahun 1990.

Perubahan logo Photoshop


  1. 1988-1990
    Desain pertama untuk logo Photoshop adalah sebuah miniatur rumah dengan gaya bitmap. Di langit-langit miniatur rumah tersebut terdapat kotak-kotak berwarna hitam dan putih bergantian dengan tulisan ‘1HR’. Dan pada tahap awal inilah perangkat lunak untuk mengedit gambar versi 0.07-0.87 sedang berjalan.
  2. 1990-1991
    Setelah melalui pengujian, versi 1 pun dirilis dengan logo baru yaitu berbentuk mata dengan mempertahankan bentuk persegi dan gaya pikselnya. Desain baru dari logo Photoshop ini menggambarkan mata yang sedang membidik melalui kamera dengan arti, aplikasi ini ditujukan untuk bidang fotografi.
  3. 1991-1994
    Pada masa ini, program versi 2 diluncurkan disertai dengan ikon resmi lain yang muncul. Masih dengan bentuk yang sama yaitu mata, namun terlihat perbedaan yang mencolok dikarenakan bayangan yang lebih sedikit dan menampilkan gaya yang lebih realistis. Pengembang logo ini juga menambahkan gairs merah di sekeliling bagian tepi, menghapus sudut dan menggandakan garis (kanan bawah) untuk memberikan efek 3D.
  4. 1994-1996
    Setelah versi ketiga dari Photoshop dirilis, desain logo pun ikut berubah. Bentuk mata lebih diperkecil sehingga terlihat lebih jernih. Ditambahkan juga beberapa warna lain di bingkai logo. Gambar internal yang telah dirender dalam banyak warna abu-abu untuk menunjukkan bagian kelopak dan bola mata menjadi lebih jelas.
  5. 1996-2000
    Kemunculan Adobe versi 4 dan 5 memperkenalkan identitas baru yang diperuntukkan pada program pengeditan gambar. lambang mata dibuat menjadi lebih realistis karena menghilangkan gaya pikselnya. Dan seperti biasa, perubahan terjadi pada bingkai logo dengan menyorot kotak berwarna gelap dan menggariskannya dengan garis duplikat, sehingga bingkai terlihat memiliki struktru rangkap tiga.
  6. 2002-2003
    Terjadi perubahan yang cukup signifikan pada logo di masa ini. dimulai dari warna yang bertambah sehingga logo terlihat lebih cerah dan menghilangkan versi monokrom mata. Pandangan penglihat juga dialihkan karena gambar mata terlihat dari bagain samping dengan tambahan cuplikan wajah, latar belakang, bentuk lingkaran dan lambing merk.
  7. 2003-2005
    Pada masa ini, pengembang mengubah lambang mata menjadi lambang berbasis bulu. Pensil dari bulu ditempatkan secara diagonal dari arah kanan ke kiri. Warna dari logo dibuat lebih bervariasidan terdiri dari hampir seluruh warna spektrum tampak dengan transisi bayangan. Mendampingi ikon bulu ini, ditambahkan kotak putih dengan bayangan dibawahnya pada bagian belakang bulu. Kotak putih tersebut dapat dimaksudkan seperti kertas kosong yang bisa kalian gambar apa saja dengan maksud, kalian bisa menggambar apa saja dengan program ini.
  8. 2005-2007
    Versi baru logo pada masa ini masih menggunakan ikon yang sama seperti sebelumnya yaitu bulu, namun dengan arah yang berlawanan dari logo sebelumnya. Hanya ada dua warna dasar pada ikon yaitu satu hijau dan satu lagi biru dengan gradient.
  9. 2007-2008
    Dengan kemunculan versi 10 yaitu CS3, logo sepenuhnya diubah. Menampilkan dua huruf dari nama aplikasi ini yaitu ‘Ps’. Menggunakan jenis huruf Sans-serif berwarna putih, dengan latar belakang persegi berwarna biru dengan transisi gradien dari terang ke gelap. Disertai juga dengan sorotan kecil yang muncul dari pojok kiri atas.
  10. 2008-2010
    Pada tahun ini, pengembang melakukan sejumlah perubahan pada logo sebelumnya, yaitu perubahan khusus bagi pengguna iOS. Tulisan ‘Ps’ berubah menjadi warna hitam yang dibuat dalam font timbul. Sedangkan latar belakang dipertahankan dengan ide gradasi warna biru namun lebih gelap. Warna ini memberikan kesan elegan, modern dan dinamis.
  11. 2010-2012
    Versi program ke-12 (CS5) datang dengan versi logo baru. Latar belakang persegi dibentuk menjadi 3D dan huruf ‘Ps’ diubah warnanya menjadi biru terang.
  12. 2012-2013
    Setelah versi 13 (S5) rilis, pengembang mengubah latar belakang dengan menghilangkan konsep 3D yang diganti dengan memberikan batas biru lebar dengan warna huruf yang senada dengan batas tersebut, dan sisa latar belakang berwarna biru tua.
  13. 2013-2015
    Pada tahun 2013, editor foto menerima versi 13-15-CC-CC2015 dan desain diubah dengan menyempitkan sedikit garis batas. Sedangkan warna latar belakang tidak banyak berubah, hanya saja dibuat menjadi terlihat lebih intens.
  14. 2019-2020
    Pada tahun 2019, Photoshop diperbarui ke versi 21-21.1.3 (CC2020). Pada logo ini, ujung persegi dibuat menjadi membulat dengan warna huruf ‘Ps’ kembali menjadi warna putih.
  15. 2020- sekarang
    Pada versi terbaru, logo dibuat lebih sederhana dengan menghilangkan garis batas di tepi, mengubah warna latar belakang menjadi biru tua, dan menambahkan lebar dan warna pada font.

Share with your friends

Give us your opinion