Cara Membuat Video Dengan Teks Paling Mudah di Laptop atau PC - Dunia Kuliah

Rabu, 07 Juni 2023

Cara Membuat Video Dengan Teks Paling Mudah di Laptop atau PC

Cara membuat video dengan teks
teraskaltim.com
 

Cara membuat video dengan teks – Ada banyak cara dalam membuat video di hp, salah satunya adalah dengan teks. Apakah video tersebut isinya teks semua? Tentu tidak. Nantinya kamu bisa mengisi suara kamu atau dengan lagu.

Biasanya video ini dibuat untuk konten yang editornya tidak percaya diri menampakkan diri dalam sebuah rekaman. Baik itu karena takut viral, atau khawatir dihujat oleh penontonnya jika konten tersebut kurang bagus.

Lalu, bagaimana cara membuat video dengan teks tersebut?

Tenang saja, sekarang ini ada sebuah platform website yang menyediakan fitur convert text to video. Melalui platform ini, kamu bisa memilih presenter yang akan berbicara dalam video yang kamu buat. Selain itu kamu juga bisa mengatur bahasa video yang akan digenerate dari teks yang kamu input.

Aplikasi pembuat video dengan teks


Satu fitur yang dimaksud sebelumnya adalah Colossyan Creator, merupakan sebuah platform pembuatan video dengan menggunakan teknologi pembuat video AI (Artificial Intelegence) dengan aktor sungguhan.

Menariknya, dengan platform ini kamu bisa membuat video secara mudah dan cepat, cukup 5 menit saja. Di situ kamu tinggal mengetik teks pada bagian Script kemudian Colossyan akan menyiapkan video secara otomatis. Tidak hanya itu, Colossyan Creator telah tersedia 70 bahasa berbeda yang bisa kamu gunakan.

Daftar akun Colssyan Creator


Agar bisa mendapatkan dan menggunakan platform tersebut, kamu perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Dengan tujuan, nanti ketika ingin mengekspor video yang akan kamu buat, kamu diminta untuk reginstrasi terlebih dahulu.

Berikut cara mendaftarkan akun:

  1. Silahkan buka Colossyan Creator melalui link berikut: https://www.colossyan.com/
  2. Setelah berada dalam situsnya, klik Log In.
  3. Jika belum punya akun, klik Sign Up.
  4. Di situ kamu akan diberi opsi pendaftaran yaitu bisa menggunakan Email dan akun Google. Lebih mudahnya, pilih regisntrasi menggunakan akun Google dengan cara klik Continue with Google.
  5. Kemudian pilih akun Google yang akan kamu gunakan mendaftar.
  6. Lalu akan muncul pernyataan “akun ini akan kamu gunakan untuk apa?”. Pilihlah salah satu, misalnya Personal use.
  7. Setelah itu muncul lagi pertanyaan “apa tujuan utama kamu mendaftar ke Colossyan Creator?”. Kamu bisa pilih Creator videos for Youtube, kemudian klik Continue.
  8. Selanjutnya jika sudah terisi semua, silahkan tunggu beberapa saat sampai akun benar-benar siap digunakan.
  9. Selesai.

Cara membuat video dengan teks secara otomatis dan online

Apabila registrasi akun sudah kelar, langkah selanjutnya adalah pada pembahasan utama yakni membuat video dengan teks, yang bisa kamu lakukan secara otomatis.

Jadi nanti teks yang di masukkan akan dikonversi menjadi audio dan aktor yang tersedia akan berbicara seolah-oleh mengikuti teks tersebut.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Silahkan klik New draft dalam dashboard Colossyan.
  2. Lalu tampil halaman pengeditan video. Beberapa fitur yang bisa kamu gunakan:
  • Script: untuk memasukkan teks yang akan kamu ubah menjadi video. 
  • Actor: untuk mengganti aktor dalam video yang akan dibuat. 
  • Background: untuk mengganti background pada video. 
  • Shapes: untuk menyisipkan bentuk. 
  • Media: untuk menyisipkan video dan foto. 
  • Text: untuk menambahkan audio kedalam video yang kamu buat. 
  • Transition: untuk membuat transisi antar video. 
  1. Apabila kamu akan membuat teks menjadi video, maka masukkan teks di Script lalu secara otomatis aktor yang ada di dalam video akan membacakan teks tersebut. Kamu bisa melihat hasilnya dengan menekan tombol Play
  2. Jika ingin mengganti aktor yang berbicara di video, silahkan klik menu Actor dan pilih aktor mana yang akan kamu gunakan. 
  3. Untuk menghasilkan video yang lebih menarik, kamu bisa menjelajahi berbagai fitur lainnya di atas. 
  4. Selesai.

Cara menyimpan video

Setelah pembuatan video berhasil tentu kamu ingin menyimpannya bukan. Nah, silahkan ikuti langkah menyimpan video berikut:

  1. Silahkan klik tombol Generate.
  2. Jika kotak video sudah muncul, silahkan atur title dan resolusi video yang akan dibuat. Setelah itu klik Start Generation
  3. Kemudian buka kembali Dashboard Colossyan lalu ke bagian Generate Video. Dan klik tiga pada video yang kamu buat tadi, lalu klik Download
  4. Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga video selesai didownload dan sudah tersimpan di perangkatmu. Video tersebut biasanya tersimpan ke folder Download di PC atau laptop. 
  5. Selesai.

Akhir Kata

Itulah beberapa tutorial membuat video dengan teks, mulai dari mendaftar hingga menyimpan hasil edit video. Sangat praktis dan mudah bukan menggunakan platform Colossyan Creator!

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di situs kami.

Share with your friends

Give us your opinion